Resolusi Seru


Tahun baru biasanya memberikan energi baru. Hadir sebuah motivasi, untuk menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Dulu, saat saya berusia belasan tahun, menuju angka dua puluh, biasanya sederetan daftar resolusi saya buat dengan penuh semangat. Bahkan, pernah saya membuat seratus daftar. 

Usia terus bertambah. Ketika hampir memasuki angka tiga puluh, daftar resolusi yang saya buat bisa dihitung dengan jari tangan. Hm ... ya, begitulah. Saya juga tidak terlalu paham tentang penurunan grafik ini. 

Nah, lima tahun terakhir, saya semakin kurang fokus menentukan resolusi di tiap tahunnya. Ya ... bisa dikatakan saya punya impian, dengan sebuah _tagline_ "Mapan di Usia Empat Puluh". Nah, pikiran saya cukup tersedot pada hal tersebut. Rinciannya tentu tidak perlu saya jabarkan di tulisan bertema resolusi ini. 

Baiklah, karena ada tantangan menulis bertema resolusi, dari para mentor yang luar biasa, maka saya pun mencari poin-poin yang tepat untuk mengisi tahun ini. Mungkin, daftarnya yang ringan-ringan saja ya. He ... he ....

Saya menemukan lima daftar resolusi di sebuah aplikasi, yang  sepertinya cocok buat saya di tahun ini. Poin dan penjabarannya sebagai berikut: 

Pertama, membaca lebih banyak buku. Ya, buku adalah teman terbaik yang selalu menemani, menasehati, dan menginspirasi diri ini dengan sangat lugas. Bahkan, membaca adalah salah satu aktivitas wajib, bagi seorang penulis.

Kedua, memakan makanan yang sehat. Penyakit yang ada di dalam tubuh, terkadang berasal dari pola makan yang dibentuk. Terutama tentang pemilihan makanan sehat dan tidak sehat. Jadi, saya berusaha lebih teratur memenuhi gizi dengan makanan sehat yang baik untuk tubuh. 

Ketiga, olahraga agar tubuh menjadi fit. Olahraga ini sebenarnya sebuah aktivitas yang menyenangkan. Hal yang berat menurut saya adalah mengumpulkan niat dan memulainya. Jika saya meluangkan waktu tiga puluh menit saja untuk aktivitas ini, manfaatnya bisa meningkatkan semangat hidup dan kepercayaan diri. Konsisten melakukannya itu butuh perjuangan.

Keempat, membuat daftar jalan-jalan bersama keluarga. Saya bukanlah tipe orang yang  suka dengan agenda jalan-jalan. Salah satu alasannya adalah karena saya sering mabuk dalam perjalanan. Haha .... Akan tetapi, di tahun ini, saya akan mencoba berdamai dengan rasa mabuk saat perjalanan, hingga rasa itu bisa pergi dengan sendirinya. 

Kelima, menikmati hidup.  Semoga di tahun ini, saya lebih bisa menerapkan pola hidup yang sehat. Istirahat yang cukup dan mengurangi begadang bahkan tidak tidur semalaman, karena menyelesaikan sesuatu yang menurut saya sangat penting. 
 
Daftar di atas itulah mungkin resolusi yang akan saya lakukan untuk tahun ini. Mungkin kesannya sederhana. Tapi, bolehlah untuk diperjuangkan. Mudah-mudahan Allah panjangkan umur saya hingga tahun depan. Semoga kita semua senantiasa lebih baik. Amin.
Yennita Rahmi

Seorang perempuan yang selalu belajar dan menggali potensi untuk menebar manfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama